Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tamiang

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Tamiang . Perkampungan Tumang, Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai pusat perajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, juga lain-lain tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, sekarang, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka akan menolong para industri kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet sangat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar.


Contoh Seni Kuningan adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Customer jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt punya desain pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan sangat beraneka ragam tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini adalah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja auto dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lainnya, pengrajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga wajib kreatif juga wajib menyesuaikan keinginan masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekedar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari tarakan. Bermodalkan pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham teknik guna membuat kerajinan logam yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.