Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Halmahera Utara

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Halmahera Utara . Kampung Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Jawa Tengah memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga sebagainya walau demikian saat ini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya orderan, baik orderan daerah atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Pesanan kerajinan tembaga meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke tarakan. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke mojokerto.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa punya design pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan bervariasi walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam harus inovatif juga harus menyesuaikan selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari banten. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu cara guna membuat seni kuningan yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting customer puas.