Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tulang Bawang Barat

Pengusaha Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Tulang Bawang Barat . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tsb dikenal sbg pusat pengrajin seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak saudara Cepogo memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, and sebagainya akan tetapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen hotel, rumah, and lainnya.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai menarik dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negara Kita and luar negeri. Orderan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bengkulu. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke metro.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini yaitu lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari daerah lain tentu saja otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus kreatif and harus menyesuaikan selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk sekadar mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekadar satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari gorontalo. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas and sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen customer puas.