Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Karo

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Karo . Desa Tumang, Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Desa tsb dikenal sebagai sentra pengusaha seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa saudara Tumang memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, juga lainnya walaupun demikian sekarang sudah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan asesoris masjid, kantor, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Orderan kerajinan logam meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet begitu memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke ternate. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke batu.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya design pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini merupakan lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh karena tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tdk sekadar mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk sekadar satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari malang. Berbekal pengalaman puluhan th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan tembaga yg berkelas juga sesuai yg diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer terpuaskan.