Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kota Manado

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kota Manado . Desa Tumang, Boyolali berada di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tersebut disebut sebagai pusat produsen seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jateng membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan sebagainya namun sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris restoran, gedung, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, masa ini, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional ataupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan luar negeri. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pontianak. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke serang.


Contoh Seni Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam tembaga bervariasi namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya tentu secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus inovatif dan harus memantau selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah tapi sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari sabang. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat kerajinan logam yg berkualitas dan sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen konsumen puas.