Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Dairi

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Dairi . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Desa Tumang tersebut disebut sbg pusat ahli kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, dan lainnya namun sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan interior masjid, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai menarik dgn naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke kendari. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga amat bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal karena bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lainnya, perajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus kreatif dan harus memantau selera masyarakat. Kini AA Gallery nggak hanya mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari tanjung balai. Bermodalkan pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti metode guna memproduksi kerajinan logam yang berkualiti dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen konsumen puas.