Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Murung Raya

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Murung Raya . Perkampungan Tumang, Cepogo berlokasi diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sbg sentra bisnis kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, & lainnya walaupun demikian masa ini telah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menggeliat dengan naiknya orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak daerah di NKRI & luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke gorontalo. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat beragam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini merupakan banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari daerah lain tentunya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Problem lainnya, pebisnis Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif & wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior hotel tapi telah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari jakarta barat. Dengan modal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui cara untuk memproduksi kerajinan logam yang ber-quality & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen puas.