Bisnis Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Pegunungan Bintang

Bisnis Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Pegunungan Bintang . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tsb disebut sbg sentra perajin kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, serta lainnya tapi kini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menggeliat dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi website sangat membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke cilegon.


Contoh Seni Logam yakni lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga sangat bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain, ahli Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh sebab itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau selera konsumen. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah tetapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari cilegon. Dengan modal pengalaman puluhan thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan seni kuningan yang berkualitas serta sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.