Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Bangka Tengah

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Bangka Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, dan sebagainya akan tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi masjid, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam meningkat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke semarang. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lainnya, pebisnis Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapat harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan rumah namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari bengkulu. Berbekal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna memproduksi kerajinan logam yg memiliki kualitas dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg urgen customer puas.