Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majene

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majene . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan tsb disebut sebagai sentra industri seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family Cepogo memilih usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, juga lain-lain akan tetapi sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi restoran, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mataram. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke parepare.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yaitu banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah sebab bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera konsumen. Masa ini AA Gallery nggak hanya mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak hanya satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari banjarbaru. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni tembaga yg berkualiti juga sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg urgen customer puas.