Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Katingan

Bisnis Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Katingan . Kampung Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tsb dikenal sbg pusat industri seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa family Jateng membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, ceret, serta sebagainya walaupun demikian saat ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris hotel, rumah, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal atau internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negeri Kita serta manca negara. Permintaan kerajinan logam meningkat signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke magelang. Nggak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta pusat.


Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini adalah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya semakin murah karena bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan harus inovatif serta harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery nggak hanya meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari baubau. Bermodal pengalaman puluhan th membuat kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi kerajinan logam yang berkualiti serta cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.