Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tojo Una-una

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Tojo Una-una . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa tsb dikenal sbg pusat produsen kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Tumang memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga sebagainya akan tetapi kini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan interior masjid, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di NKRI juga luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bali. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang.


Contoh Kerajinan Logam ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya akan dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tersebut, ahli kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga wajib inovatif juga wajib memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk sekadar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari padang sidempuan. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham teknik untuk membuat kerajinan kuningan yang ber-quality juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.