Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Jaya

Pengrajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Aceh Jaya . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sbg sentra ahli seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke beragam pasar. Skill mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan interior hotel, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di NKRI dan manca negara. Orderan kerajinan kuningan semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kendari. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke surakarta.


Contoh Seni Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan kuningan bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lain sudah sewajarnya otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat mendapatkan harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau selera masyarakat. Saat ini AA Gallery tak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari medan. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk membuat seni logam yg ber-quality dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting customer terpuaskan.