Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Lima Puluh Kota

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Lima Puluh Kota . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga di sana memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lain-lain walau demikian kini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi cafe, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI juga manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya adalah adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke magelang.


Contoh Seni Logam adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Konsumen jg dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka dpt memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi walau demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain-lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dapat memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan inovatif juga diharuskan memantau selera masyarakat. Kini AA Gallery tidak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tetapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari bengkulu. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk membuat seni tembaga yang berkelas juga cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.