Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Buton Tengah

Industri Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Buton Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut diketahui sbg pusat perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Jawa Tengah memilih bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, serta sebagainya akan tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris cafe, gedung, serta lain-lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke mojokerto. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bandung.


Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam tembaga bervariasi akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif serta wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel namun sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari jakarta utara. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk menghasilkan seni tembaga yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.