Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Nias Barat

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Nias Barat . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tersebut diketahui sebagai pusat bisnis kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa saudara Boyolali-Jateng memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lain-lain walaupun demikian saat ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan asesoris cafe, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi website maka akan membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke blitar. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan.


Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Problem lainnya, pebisnis Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapatkan harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan harus inovatif juga harus menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tak sekedar mendapatkan orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi kantor tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari probolinggo. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna membuat seni kuningan yg ber-quality juga sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.