Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tulangbawang

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tulangbawang . Desa Tumang, Boyolali lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb dikenal sebagai pusat ahli seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Banyak family Cepogo memilih usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir tembaga dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya akan tetapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan logam meningkat begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke magelang. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tangerang.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga cukup beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt meraih harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar meraih pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui cara guna memproduksi seni logam yang bermutu dan cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.